Ketahui lebih dalam tentang kalazion dan diagnosanya





Apa itu Chalazion?

Penyebab
Gejala
Diagnosa
Perawatan di Rumah
Kapan Menghubungi Dokter

Kalazion adalah benjolan kecil atau kista yang tumbuh lambat di dalam kelopak mata. Biasanya tidak menyakitkan dan jarang bertahan lebih dari beberapa minggu.
Jika Anda terbangun suatu pagi dan melihat ada sedikit pembengkakan atau kelopak di kelopak mata Anda, jangan terlalu khawatir. Ini mungkin hanya karena kelenjar yang tersumbat.

Dokter menyebutnya " chalazion " - "chalazia" jika Anda memiliki lebih dari satu. Ini adalah salah satu jenis benjolan kelopak mata yang paling umum.

Menurut Artria, chalazia lebih cenderung muncul di kelopak mata atas Anda, meskipun terkadang muncul di kelopak mata bawah. Anda bisa mendapatkan keduanya di kedua mata sekaligus.

Penyebab
Anda memiliki kelenjar di seluruh tubuh Anda. Mereka membuat hal-hal yang sel, jaringan, dan organ Anda perlu bekerja dengan baik. Kelenjar meibomian di kelopak mata atas dan bawah Anda membuat minyak yang bercampur dengan air mata Anda untuk melembabkan dan melindungi mata Anda. Jika minyak menjadi terlalu tebal atau jika kelenjar tersumbat karena peradangan, Anda mungkin mendapatkan chalazion.

Terkadang infeksi dapat menyebabkan chalazion, meskipun ini jarang terjadi.

Gejala
Chalazia lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak, dan mereka terlihat hampir sama pada setiap orang. Mereka mungkin mulai dengan area kecil yang merah, bengkak, dan sakit atau sakit saat disentuh. Setelah beberapa hari rasa sakit biasanya hilang dan benjolan atau benjolan tetap.

Benjolan kecil di kelopak mata
Pembengkakan kelopak mata
Nyeri atau tidak nyaman
Kemerahan pada kulit
Mata berair
Iritasi ringan di mata
Pandanganyangkabur
Chalazia sering kembali. Setelah Anda memiliki satu, yang lain dapat muncul di area yang sama atau yang lain.

Diagnosa
Tidak ada tes khusus. Dokter Anda biasanya hanya memeriksa mata Anda. Dia mungkin akan menanyakan pertanyaan tentang gejala Anda, masalah mata masa lalu , dan riwayat kesehatan Anda secara umum.

Anda mungkin memiliki chalazia lebih dari satu kali. Jika Anda belum diperiksa oleh spesialis mata, dokter Anda dapat merekomendasikan Anda untuk memeriksanya. Anda mungkin menemui dokter mata atau dokter mata, yang akan memeriksa chalazia untuk menyingkirkan masalah mata lainnya . Chalazia seringkali merupakan hasil dari blepharitis atau disfungsi kelenjar meibom. Mengobati kondisi ini dapat mengurangi risiko chalazia untuk kembali.



Subscribe to receive free email updates: